Saturday, May 14, 2016

Cara Menghubungkan 2 Komputer Menggunakan Kabel LAN RJ-45 di Windows 7


Gerbitorial | Untuk memindahkan data dari 1 laptop ke laptop lainnya, kebanyakan menggunakan media flashdisk. tapi bagaimana jika ingin memindahkan file-file yang jumlahnya banyak dan ukurannya yang bergiga-giga? Jawabannya adalah dengan membuat jaringan LAN. Dengan membuat jaringan LAN, kamu dapat terhubung dari 1 client ke client lainnya secara offline. Kamu dapat memindahkan data dengan sangat cepat karena kecepatan transfernya melebihi flashdisk dan kamu tidak perlu repot-repot untuk mencabut ataupun memasang flashdisk dari 1 laptop ke laptop yang lainnya. Selain itu kamu juga bisa terhubung untuk bermain game secara multiplayer melalui LAN. Menarik sekali bukan ? berikut langkah-langkahnya.


Langkah pertama siapkan alat-alat yang di butuhkan yaitu:
  • Dua buah unit Komputer atau laptop.
  • Kabel LAN RJ-45 dengan konfigurasi Cross over.
  • LAN Tester.
Cek kabel LAN Menggunakan LAN tester untuk memastikan tidak ada kerusakan pada kabel.
Sambungkan Komputer 1 dan Komputer 2 menggunkan kabel LAN RJ-45.


Sebelum masuk ke tahap pengaturan IP Address matikan windows firewall dan antivirus terlebih dahulu agar berjalan dengan lancar, caranya seperti gambar di bawah ini.
Klik kanan di Lambang Jaringan -> Pilih Network and Sharing Center.


Klik Windows Firewall.


Klik Turn Windows Firewall On or Off.


Pilih Turn off Windows Firewall -> Klik Ok.


Selanjutnya kita masuk ke tahap pengaturan IP Address Klik Logo Windows -> Pilih Control Panel.


Pilih Network and Internet.


Pilih Network and Sharing Center.


Pilih Local Area Connection.


Atur IP Address untuk Komputer 1 Klik Properties -> Klik 2x Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) -> Pilih  Use the following IP address -> Ubah IP Address menjadi 192.168.3.1 dan Subnet mask menjadi 255.255.255.0 setelah selesai klik Ok.


Atur IP Address untuk Komputer 2 Klik Properties -> Klik 2x Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) -> Pilih  Use the following IP address -> Ubah IP Address menjadi 192.168.3.2 dan Subnet mask menjadi 255.255.255.0 setelah selesai klik Ok.


Setelah selesai buka cmd untuk mengecek apakah Komputer 1 dan Komputer 2 sudah terkoneksi dengan perintah ping spasi IP Address
Untuk Komputer 1 cek IP Komputer 2 dengan perintah ping IP Komputer 2 yaitu 192.168.3.2 Jika terkoneksi maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah.


Untuk Komputer 2 cek IP Komputer 1 dengan perintah ping IP Komputer 1 yaitu 192.168.3.1 Jika terkoneksi maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah.


Selesai..!!



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

Blog Archive