Saturday, May 14, 2016

Cara Membuat Database dengan Microsoft Access 2010


Gerbitorial | Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat database di Microsoft Access 2010, dan sebagai contohnya saya akan membuat database dengan 4 tabel di dalamnya,  yang nantinya akan direlasikan (dihubungkan) menggunakan perintah SQL, tabel yang akan saya buat di antaranya Tabel Divisi, Tabel Jabatan, Tabel Karyawan dan Tabel Pekerjaan. Baik langsung saja ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.



Pertama buka Ms.Access 2010 Klik Logo Windows -> All Programs -> Microsoft Office -> Microsoft Access 2010 akan muncul tampilan blank database. Lalu pilih Blank database rubah namanya sesuai keinginan anda, disini saya mengunakan nama GerbitSoft pilih icon folder untuk mengatur di mana file database akan di simpan kemudian pilih Create.


Klik kanan di Tabel1 -> Pilih Design View  akan muncul Tabel Name: rubah menjadi Tb_Devisi.


Untuk Tb_divisi buat Field Name dan Data Type seperti gambar di bawah.


Setelah selesai Klik Kanan di tab Tb_divisi pilih Save. 


Selanjutnya membuat tabel Tb_Jabatan dengan cara pilih menu Create -> Pilih Tabel, maka akan muncul kembali Tabel1. klik kanan lagi di Tabel1 -> Pilih Design View rubah nama tabel menjadi Tb_Jabatan.


Buat Field Name dan Data Type di Tb_Jabatan seperti gambar di bawah, lalu save.


Membuat tabel Tb_Karyawan langkahnya sama seperti membuat tabel Tb_Jabatan, namun rubah pada saat penamaan tabel menjadi Tb_Karyawan kemudian buat Field Name dan Data Type seperti gambar di bawah, lalu save.


Membuat tabel Tb_Pekerjaan langkahnya sama seperti membuat tabel Tb_Jabatan, namun rubah pada saat penamaan tabel menjadi Tb_Pekerjaan kemudian buat Field Name dan Data Type seperti gambar di bawah, lalu save.


Setelah selesai membuat tabel kemudian isi data pada Field-Field yang sudah di buat di setiap tabel caranya sebagai  berikut:
Klik 2X pada tabel.



Kemudian isi data pada Field-Field seperti gambar di bawah untuk Tb_divisi.


Isi data pada Field-Field untuk Tb_Jabatan.


Isi data pada Field-Field untuk Tb_Karyawan.


Isi data pada Field-Field untuk Tb_Pekerjaan.


Untuk cara merelasikan tabel dari database yang sudah di buat bisa di lihat di link Cara Merelasikan Tabel Dengan Perintah SQL di Microsoft Access 2010



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Postingan Terpopuler

Blog Archive